Kayu Koka


Kayu Kokka, Kerajinan Tangan


Kayu Koka atau sering disebut juga Kayu Kaukah adalah sejenis tumbuhan palma, “Koka’ yaitu sebutan bagi orang Turki, ‘kuka’ asal katanya ‘Coco De Mer’ atau ‘Melanococa’ digunakan untuk menghasilkan minyak. Kayu koka dihasilkan dari spesies pokok palma ‘Attalea Funifera’. Menurut cerita kayu koka pernah menjadi bagian dari kemujizatan saat digunakan Nabi Musa AS, yang bisa membelah laut merah saat dikejar pasukan Firaun. Kayu koka juga pernah digunakan Nabi Nuh AS untuk membuat bahan dasar kapal dan bisa menyelamatkan beliau dari arus banjir bandang. Adapun Nabi Sulaiman AS juga pernah menggunakan kayu itu dan berhasil menguasai seluruh jin. Kayu koka juga pernah digunakan Nabi Muhammad SAW sebagai tasbih. Dengan demikian, kayu koka lebih tinggi mutunya bila dibandingkan dengan jenis kayu lainnya di atas bumi ini. Kerajinan kayu koka memiliki berbagai variasi warna, yaitu merah mengkilap, coklat kekuningan dan kehitaman.



Kegunaan: 

1.Air yang sudah direndam dengan kayu koka apabila diminum akan berkhasiat sebagai berikut : Meredakan sakit gigi, kerongkongan dan keracunan serta demam panas (Dari berbagai sumber) 
2.Jika kayu koka dipakai di badan gelang/kalung maka akan menolak : gigitan & sengatan hewan berbisa. Terhindar dari sial dan marahahaya. (Dari berbagai sumber) 
3.Bagi anak kecil yang linglung atau kesurupan, gosok-gosoklah kayu koka di dahinya (Dari berbagai sumber) 
4.Untuk yang urat dan ototnya sakit gosok-gosokkan kayu koka ke tempat yang sakit, niscaya segera sembuh (Dari berbagai sumber) 
5.Orang yang memakai perhiasan kayu koka disukai di pergaulan serta terhindar dari sering kena sakit kepala. (Dari berbagai sumber) 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment